Sabtu, 12 Juni 2021

Deteksi Karhutla dengan Aplikasi “SONGKET” dengan Tekhnologi Drone Guna Memantau Titik Bencana

Jumat, 11 Juni 2021 11:47:06 : 37
By X Pose News

MUSI RAWAS - Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Musi Rawas Provinsi Sumatra Selatan tidak main-main. Sejak awal, pemerintah provinsi Sumatra Selatan sudah berkomitmen mengantisipasi dan mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Musi Rawas Provinsi Sumatra Selatan agar tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya. Bukan hanya menyiapkan sumber daya alam dan peralatan, mencegah karhutla di musim kemarau tahun ini. Tak hanya itu, Pemprov Sumsel juga berkolaborasi dengan instansi dan stakeholder lainnya untuk mengembangkan teknologi dalam pencegahan dini karhutla di Mura.

Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu (Songket)Kepala pelaksana A.Darsan s.sos map melalui kasi kedaruratan dan logistik BPBD Mura Eko panggilan akrabnya,Jumat (11/06) dikantor nya, Ia mengaku bangga karena Sumsel sudah mampu membuat inovasi baru untuk melakukan deteksi dini atas potensi terjadinya karhutla , Songket merupakan aplikasi pertama yang mengaplikasikan jarak dan rute terdekat menuju titik panas atau titik api berikut dukungan sumber daya air dan posko terdekat di Indonesia.

Aplikasi Songket ini digagas oleh Pemprov Sumsel bekerja sama dengan Polda Sumsel, World Resources Institute (WRI) Indonesia, dan Forum DAS Sumsel.“Nama aplikasi Songket sengaja dibuat dengan menggunakan kearifan lokal. BPBD Musi Rawas kata Eko hadir dalam acara lounching dan pembukaan pelatihan aplikasi songket dan squad drone guna memantau dan meminimalisir kebakaran hutan di wilayah sumatera selatan khususnya wilayah musi rawas.

Halaman

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Rekomendasi Berita

Berita Terkait